Menu

Thursday, June 12, 2014

Kerajinan Tangan dan Seni Rupa

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Kurikulum 2013

Kata RPP sesungguhnya merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sebagai pedoman umum di dalam pembelajaran untuk penerapan Kurikulum 2013 disebutkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema/subtema tertentu yang mengacu pada silabus. Artinya, pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) berpedoman pada silabus karena RPP merupakan turunan dari silabus. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) mencakup beberapa hal seperti:
1.  Data sekolah, kelas/semester, tema/subtema, dan alokasi waktu;
2.  Kompetensi Inti (KI);
3.  Kompetensi Dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi;
4.  Tujuan Pembelajaran;
5.  Materi Pembelajaran;
6.  Metode dan Pendekatan Pembelajaran;
4.  Media, alat, dan sumber belajar;
7.  Langkah-langkah Pembelajaran; dan
8.  Penilaian.
Para guru di sekolah pada umumnya harus menyusun RPP untuk mata pelajaran kelas tempat guru tersebut mengajar (guru kelas dan guru mata pelajaran). Guru kelas adalah sebutan untuk guru yang mengajar kelas-kelas pada tingkat tertentu di Sekolah Dasar (SD). Sedangkan guru mata pelajaran adalah guru yang mengampu atau mengajar mata pelajaran tertentu pada jenjang SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Pengembangan RPP dianjurkan untuk dikembangkan/disusun di setiap awal semester atau awal tahun pelajaran. Hal ini ditujukan agar RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran nantinya akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sedangkan proses penyusunan/pembuatan/ atau pengembangan RPP dapat dilakukan secara mandiri atau secara berkelompok di MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Selain itu, perancangan pembelajaran juga sangat penting untuk membuat proses pembelajaran sesuai dengan tujuan kurikulum. Ada hal lain juga yang perlu diperhatikan dalam penyusunan atau pengembangan kurikulum, yaitu prinsip mengembangkan atau menyusun RPP. Prinsip tersebut adalah:
1.  RPP disusun oleh guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
2.  RPP yang dibuat selalu mengedepankan perencanaan pembelajaran yang nantinya dalam proses pembelajaran akan mendorong partisipasi aktif siswa.
3.  Pengembangan RPP yang baik akan mengedepankan proses pembelajaran yang mengembangkan budaya membaca dan menulis pada diri peserta didik.
4.  Di dalam RPP terdapat cara-cara dan langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh guru untuk memberikan umpan balik (feedback) dan tindak lanjut (follow up).
5.  Perancangan RPP memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara materi-materi pembelajaran yang satu dengan materi pembelajaran yang lainnya.
6.  Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
Untuk itu, guru hendaknya mengikuti semua prinsip-prinsip dalam menyusun dan mengembangkan kurikulum tersebut agar nantinya proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan sesuai dengan tujuan kurikulum. Sebagai pedoman bagi guru, maka dapat dilihat contoh komponen dan sistematika RPP kurikulum 2013 seperti di bawah ini.

= = = = = = = = = = = = = = = =
Format RPP Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan       :
Kelas/ Semester          :
Tema/ Subtema           :
Alokasi Waktu            : ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.

A. Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi inti (KI) merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari siswa untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. Isi dari kompetensi inti tidak perlu lagi di buat oleh guru, karena kompetensi inti merupakan atau diberikan langsung oleh pemerintah pusat atau bersifat GIVEN.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi dasar juga bersifat GIVEN. Artinya, isi dari kompetensi dasar diberikan langsung oleh pemerintah pusat. Sedangkan indikator dibuat sesuai dengan keperluan dan juga memperhatikan keadaan siswa. Indikator juga dibuat oleh guru dengan pedoman bahwa suatu indikator tersebut dapat diukur atau dilihat pada siswa berdasarkan pada kenyataan yang ditemukan di dalam kelas atau juga bersifat operasional. Artinya, penerapan dari indikator tersebut dapat dilihat dan diukur oleh guru baik dari segi kognisi (pengetahuan), apeksi (sikap), dan psikomotor (keterampilan).
1.    _____________ (KD pada KI-1)
2.    _____________ (KD pada KI-2)
3.    _____________ (KD pada KI-3)
       Indikator: __________________
4.    _____________ (KD pada KI-4)
       Indikator: __________________

Catatan:
KD-1 dan KD-2 dari KI-1 dan KI-2 tidak harus dikembangkan dalam indikator karena keduanya dicapai melalui proses pembelajaran yang tidak langsung. Indikator dikembangkan hanya untuk KD-3 dan KD-4 yang dicapai melalui proses pembelajaran langsung.

C. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran yang dinyatakan dengan baik mulai dengan menyebut Audience (peserta didik), Behavior (kemampuan yang harus didemonstrasikan), Condition (seperti apa perilaku atau kemampuan yang akan diamati), dan Degree (keterampilan baru itu harus dicapai dan diukur).

D. Materi  Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
Rincian dari materi pokok yang memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi.

E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
Digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai.

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pembelajaran.
2.  Alat/Bahan pembelajaran, alat bantu pembelajaran yang memudahkan memberikan pengertian kepada siswa.
3.  Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.  Pertemuan Kesatu:
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
b.  Kegiatan Inti (...menit)
c.  Penutup (…menit)
2.  Pertemuan Kedua:
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
b.  Kegiatan Inti (...menit)
c.  Penutup (…menit), dan seterusnya.

H. Penilaian
1.  Jenis/teknik penilaian
2.  Bentuk instrumen dan instrumen
3.  Pedoman penskoran

            Demikianlah sistematika dan komponen-komponen yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013, semoga bermanfaat. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat contoh sederhana dari RPP kurikulum 2013 seperti di bawah ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SDN 2 Nusasari
Kelas/ Semester                     : IV/ 2 (Dua)
Tema/ Subtema                     : Apresiasi Karya Seni
Alokasi Waktu                       : 1 x Pertemuan (3 x 35 Menit)

A.   Kompetensi Inti (KI)
       1.  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar:
1.  Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energy, serta permasalahan sosial.
2.  Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.  Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
4.  Menunjukkan perilaku mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
Indikator:
1.  Mengucapkan salam dan doa sebelum dan sesudah memulai pelajaran.
2.  Mendeskripsikan hasil karya seni berdasarkan ungkapan dari perasaan diri-sendiri.
3.  Membuat kalimat deskriptif dengan menggunakan bahasa dan kosa kata yang baku.

C.   Tujuan Pembelajaran
1.  Mengucapkan salam dan doa sebelum dan sesudah memulai pelajaran.
2.  Siswa dapat menceritakan hasil karya seni yang dibuatnya.
3.  Siswa dapat menunjukkan dan mendeskripsikan hasil karya seninya di depan kelas dengan bahasa dan kosa kata yang baku.

D.   Materi Pembelajaran
       1.  Buku siswa halaman.....

E.   Metode dan Pendekatan Pembelajaran
       Metode         :  Ceramah, tanya jawab, dan diskusi
Pendekatan   :  Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).

F.    Media, Alat, dan Sumber Belajar
       1.  Media dan Alat: Hasil-hasil karya seni rupa dua dimensi
       2.  Sumber: Buku ajar

G.   Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
 1. Guru membuka pelajaran dengan      menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
 2. Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati karya seni rupa dua dimensi (mengamati).
2.      Siswa membuat pertanyaan yang mereka anggap penting berdasarkan pengamatan tersebut (Menanya).
3.      Siswa saling mempertukarkan pertanyaan tersebut dengan pasangan yang telah ditentukan oleh guru (mengkomunikasikan).
4.      Siswa mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang telah mereka tulis dengan pasangan masing-masing (menalar).
5.      Dengan panduan guru siswa mengelompokkan karya seni rupa yang termasuk dua dimensi (menalar).
6.      Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (menalar).
7.      Siswa menjelaskan dan menyebutkan pengelompokkan karya seni rupa yang termasuk dua dimensi (mengkomunikasikan)
85 Menit
Penutup
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pwrtanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
Guru meminta salah seorang siswa memimpin doa.
10 Menit

H.   Penilaian
1.  Teknik Penilaian
a.    Penilaian sikap: cermat, teliti, dan tanggung jawab
b.    Penilaian pengetahuan: kuis
c.    Unjuk kerja: menceritakan
2.  Bentuk Instrumen Penilaian
a. Lembar Penilaian Sikap
Minggu ke-.........Bulan........2014
No
Nama Peserta Didik
Perubahan Tingkah Laku
Cermat
Teliti
Tanggungjawab
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
Ani









2
Ari









3
Intan









Keterangan:
BT: Belum terlihat
T: Terlihat
M: Menonjol
Berilah dengan tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.

b.  Lembar Penilaian Pengetahuan
     Soal dengan kriteria tercapai atau tidak.




No comments:

Post a Comment