Menu

Thursday, March 13, 2014

Tugas Kerajinan Tangan dan Seni Rupa 1

Goresan Apel Gagal




          Seni merupakan hasil karya, cipta, dan karsa manusia yang memiliki nilai keindahan. Setiap hasil karya seni biasanya dibuat berdasarkan ekspresi dari dalam diri seorang seniman tersebut. Berbeda halnya dengan seniman biasa, karya seni yang dibuat biasanya hanya untuk mengisi waktu luang dengan membuat sesuatu yang bisa membuatnya senang dan tenang. Ketika dihadapkan dengan hal-hal yang berbau seni, mereka akan mulai berfikir untuk membuat karya seni apa yang cocok dan menarik untuk dibuat. Biasanya orang beranggapan bahwa melukiskan sesuatu yang ada dalam fikiran itu sulit karena bisa saja yang difikirkan tersebut jika divisualisasikan menjadi kurang menarik karena bergantung kepada kemampuan seseorang tersebut dalam mengungkapkannya dalam bentuk goresan. Sebenarnya jika kita ingin mengungkapkan sesuatu dalam bentuk goresan, kita belajar berimajinasi agar apa yang di ungkapkan tidak terlalu sulit diungkapkan. Kita diajarkan agar mampu mengungkapkan sesuatu yang ada dalam fikiran kita dan tanpa rasa takut dalam mengungkapkannya dalam bentuk goresan. Tidak perlu kita takut akan apa hasil yang dari goresan tersebut, mungkin itu jelek ataupun bagus. Yang menjadi hal terpenting adalah kita sudah berusaha untuk mengungkapkan apa yang ada dalam fikiran kita.
        Tidak pernah terfikirkan dengan menggoreskan sebuah cat air dengan pola yang sederhana mampu menciptakan hasil yang baik. Dalam menggunakan cat air kita belajar untuk mengekspresikan apa yang ada di dalam diri kita. Memperlakukan kuas dengan baik dan benar agar mampu menciptakan goresan yang indah dan menarik. Semua hal tersebut dilakukan agar nantinya sebagai calon seorang guru mampu memberikan contoh yang baik dan benar juga dalam memperlakukan kuas dan menggoreskan kuas dengan hasil yang baik. Memperlakukan kuas pada saat melukis dengan cat air hendaknya kita latih secara berulang-ulang agar mampu melakukannya dengan baik dan benar. Tanpa adanya latihan secara terus-menerus, tangan akan lama untuk bisa terbiasa dengan menggoreskan kuas pada kertas yang baik dan benar. Untuk itu diperlukan latihan secara rutin agar cepat terbiasa dalam menggoreskan kuas saat melukis dengan cat air pada kertas.
          Menggoreskan kuas pada kertas saat melukis dengan cat air terlihat mudah untuk dilakukan. Namun, saat melakukannya dengan menggoreskan kuas tersebut, hasil goresan pertama biasanya kurang baik karena masih belum terbiasa. Dengan terus menggoreskan kuas, mungkin akan menghasilkan hasil yang semakin lama semakin membaik. Satu hal yang harus diingat bahwa jangan pernah ragu untuk menggoreskan kuas tersebut, karena itu akan membuat lukisan yang ingin dibuat menjadi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Dengan berpedoman pada hal tersebut, maka kita tidak akan ragu-ragu lagi dalam menggoreskan kuas untuk membuat sesuatu yang kita inginkan. Jangan pesimis bahwa apa yang akan dibuat itu jelek atau kurang menarik. Satu hal yang terpenting yaitu bahwa kita sudah berusaha dan itulah hasil dari usaha kita. Jadi, “Don’t Surrender Before You Try It”, seperti itulah yang harus ditanamkan pada pikiran kita agar tidak menjadi pesismis atau mudah putus asa.
         Semula saya tidak mempunyai konsep dalam melukis, ingin melukis apa masih belum terbayang. Namun dengan seiring berjalannya waktu, saya mendapat inspirasi dari goresan-goresan sederhana yang saya buat. Dengan pelan-pelan saya menggoreskan cat air dengan kuas pada sebuah kertas dengan warna yang menurut saya indah dan menarik. Namun, yang terbentuk masih berantakan dan goresan-goresannya kurang beraturan sehingga memunculkan gambar atau lukisan yang goresan kuasnya agak kurang teratur. Mungkin hal tersebut dikarenakan saya belum terbiasa dalam menggunakan kuas cat air. Walaupun demikian, saya tetap melanjutkan untuk membuat apa yang sudah ada dalam fikiran saya. Saya mulai berimajinasi untuk menempatkan warna-warna apa saja yang cocok untuk melengkapi lukisan tersebut. Setelah berusaha, barulah saya akan pasrah dengan hasil dari goresan kuas tersebut meskipun hasilnya agak berantakan dan agak sedikit gagal karena kurang sesuai dengan apa yang semula ada dalam fikiran. Tapi setidaknya saya sudah berusaha dan inilah hasilnya.






No comments:

Post a Comment