Menu

Monday, April 14, 2014

Kerajinan Tangan dan Seni Rupa (Awal Pertemuan)

SEKILAS TENTANG SENI

      Seni merupakan hasil karya, cipta, dan karsa dari manusia yang muncul sebagai alat untuk mengekspresikan kreativitasnya. Hasil karya berupa kreativitas manusia atau yang dikenal dengan seni merupakan suatu hal yang sangat sulit untuk dijelaskan sesuai dengan pendapat sendiri begitu pula jika kita ingin memberikan penilaian terhadap karya seni tersebut. Hal tersebut diakibatkan karena setiap orang memiliki pandangan dan persepsi sendiri terhadap hasil sebuah karya berupa seni tersebut. Jadi, tidak bisa kita men-judgement karya dari seseorang tersebut apakah bagus ataupun jelek. Hal tersebut bergantung pada masing-masing kemampuan penilaian hasil dari sebuah seni tersebut bukan sekadar melihat dan berpendapat dari satu arah saja melainkan mendapat penilaian dari berbagai arah agar mendapat suatu pandangan yang sama dan tidak hanya berlaku satu pihak.
Kita banyak mengenal berbagai macam seni, misalnya seni tari, seni rupa, seni bahasa, seni suara, seni musik, serta seni teater yang tentunya mencakup beberapa aspek seni di dalam pelaksanaannya. Mendengar kata seni, tentu hal yang di fikirkan tidak hanya sebatas bahwa seni itu sebuah teori saja, melainkan seni tersebut juga merupakan suatu hasil karya yang di dapat dari kegiatan praktek yang merupakan hasil curahan dari seseorang yang tentunya memiliki makna tersendiri bagi seninam tersebut. Seniman merupakan orang yang melakukan kegiatan dalam bidang seni.  
            Dalam pembuatan karya seni pertama-tama kita awali dengan persiapan pembuatan karya seni tersebut agar dalam proses pembuatannya dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginan. Salah satunya dalam pembuatan karya seni rupa sederhana yang membutuhkan peralatan yang dapat menunjang pelaksanaan pembuatannya. Berbagai hal atau sesuatu yang diperlukan untuk membuat karya seni rupa sederhana dengan media cat air dan kertas atau bidang datar yaitu sebagai berikut.
1. Cat Air
            Cat air yang baik disarankan untuk menggunakan cat air yang bagus salah satunya yaitu yang bermerek OSAMA.
2. Kuas Cat Air
            Untuk kuas cat air dalam melukis sederhana sebaiknya digunakan cat air yang ukurannya atau yang bernomor 7 yang warnanya ada yang hitam halus dan putih halus.

3. Palet
            Palet yang digunakan sebaiknya yang berukuran agak lebih besar agar dalam mencampur-campurkan warna cat air tidak mudah tumpah.

4. Kertas Gambar
            Kertas gambar yang disarankan dalam melukis sederhana ini dapat digunakan kertas yang berukuran A4 dalam bentuk buku gambar ataupun juga kertas lembaran.

          Pentingnya bahan-bahan di atas dalam membuat lukisan dengan cat air sederhana agar lukisan yang dihasilkan nantinya lebih baik dan optimal karena bahan-bahan yang digunakan sudah termasuk bahan-bahan yang bagus dan tentunya bermutu atau berkualitas. Hal tersebut sangat penting untuk diperhitungkan demi sebuah hasil karya seni yang diharapkan. Tentu juga untuk mendapatkan bahan-bahan yang berkualitas tersebut memerlukan dana yang lumayan besar. Akan tetapi, itu merupakan sebuah resiko dalam melukis jika kita menginginkan suatu hasil yang maksimal. Semua pengeluaran tersebut tentu akan terbayarkan jika hasil karya yang dihasilkan nantinya sangat indah dan tidak mengecewakan. Sekarang bergantung pada diri kita sendiri dalam menggunakanna agar bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin agar mencapai hasil yang sebaik mungkin. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment